Cara Melihat Kata Sandi Di Chrome Versi Android

8:54 AM
Salah satu fitur Google Chrome yang hilang untuk versi Android adalah fitur penyimpanan kata sandi. Fitur ini merupakan bagin dari versi desktop namun belum menjadi fitur untuk versi Android. Namun, Google telah memprkenalkan kemampuan ini pada Chrome versi 62.

Sekarang, pengguna Chrome versi Android bisa melihat kata sandi yang tersimpan. Sebelumnya, pengguna yang ingin melihat kata sandi pengguna perlu masuk ke situs Google dan mengautentikasinya. Di Chrome versi 62 peggguna tidak perlu lagi masuk ke Chrome untuk melihat kata sandi yang tersimpan. Chrome akan meminta untuk menyimpan username dan password login Anda untuk berbagai situs yang Anda kunjungi. Jika Anda setuju untuk menyimpannya, maka secara otomatis Chrome akan menyimpan username dan password Anda. Fitur ini mempermudah Anda untuk login ke suatu situs tanpa mengingat-ingat username dan password terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah untuk mengatur dan melihat kata sandi yang tersimpan di Chrome:

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Pilih/sentuh menu di Chrome.
  3. Pilih setelan/pengaturan, kemudian pilih simpan kata sandi.
Dibawah password akan ada daftar situs yang terkait dengan kata sandi yang Anda simpan. Anda dapat melihat kata sandi yang tersimpan dengan mengetuk situs/web masing-masing dan anda juga bisa menyalinnya sesuai keinginan anda. Kata sandi yang tersimpan dapat anda hapus dengan cara mengetuk/mengklik ikon sampah kanan atas layar.

Fitur ini akan terlihat atau aktif ketika opsi save password dicentang menjadi "On". Hal lain yang menjadi catatan bagi pengguna adalah pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi kemanan layar kunci sebelum dapat melihat kata sandi yang telah tersimpan. Pengguna hanya dapat melihat kata sandi jika mereka mengkatifkan kemanan layar kunci terlebih dahulu. Sebagai langkah kemanan, Google juga tidak mengizinkan pengguna mengambil screenshot password dalm format text.

Perlu juga dicatat bahwa menyimpan kata sandi di perngkat gadget Anda menghadirkan bebrapa masalah keamanan. Jika seseorang menggunakan perangkat anda dan memiliki akses ke keamanan layar kunci perangkat anga merek akan dapat masuk ke akun  apapun  yang passwrod tersimpan di Google Chrome, sehingga membahayakan privasi dan keamanan Anda.  
Previous
Next Post »
0 Komentar