Pemodelan Basis Data

7:35 AM

Suatu basis data terdiri dari sekumpulan table yang saling berhubungan (relasi) ataupun tidak berelasi. Tabel-tabel tersebut merupakan representasi tempat untuk penyimpanan data guna mendukung fungsi dari basis data pada suatu sistem.
Secara umum, basis data adalah sekumpulan fakta berupa representasi tabel yang saling berhubungan dan disimpan dalam media penyimpanan secara digital. Pada suatu basis data, tabel direpresentasikan menjadi suatu bentuk segiempat berupa matriks, yang terdiri kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris tersebut mempunyai suatu nilai tertentu.
Dalam tabel, pengertian kolom memiliki analogi dengan nama field yang pembacaan datanya secara vertical, sedangkan pengertian baris memiliki analogi dengan suatu record yang pembacaan datanya dilakukan secara horizontal.
Pembahasan yang berkaitan dengan basis data difokuskan pada beberapa elemen yaitu tabel, field key (primary dan foreign), field non key, record  dan kardinalitas. Variasi kemungkinan untuk melakukan relasi yang dimiliki oleh kardinalitas terdiri dari empat macam, yaitu:
  • Satu ke satu à (1:1).
  • Satu ke banyak à (1:N).
  • Banyak ke satu à (N:1).
  • Banyak ke banyak à (N:N).


Secara sederhana, definisi untuk model basis data adalah sekumpulan notasi atau simbol untuk menggambarkan data dan relasinya, berdasarkan suatu konsep dan aturan tertentu suatu pemodelan.
Previous
Next Post »
0 Komentar