Perbedaan Shared dan Dedicated Server

6:58 AM

Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produk di website. Tempat dapat juga diartikan sebagai lokasi penyimpanan data. Sehingga datatersebut dapat diakses oleh semua user dari berbagai tempat simultan. Hal ini yang menyebabkan sebuah website dapat diakses secara bersamaan dalam satu waktu oleh berbagai user.

Berikut beberapa perbedaan dari jenis-jenis hosting
  • Shared Hosting
Shared Hosting adalah hosting yang digunakan atau dipakai oleh beberapa user secara bersamaan. Para pengguna hosting ini menggunakan satu sumber daya dan service dalam server secara bersamaan.
Hosting jenis ini sangat dipengaruhi oleh perilaku dan tingkah penggunanya. Apabila terdapat pengguna yang salah menggunakan script, misalnya menjalankan Script robot atau sript yangberjalan terus menerus, sehingga pengguna yang lain terkena dampaknya. Website menjadi lebih lambat atau kemungkinan-kemungkinan yang lainnya.
Shared hosting merupakan layanan hosting dimana sebuah akun hosting digunakan bersama-sama dalam satu server, sehingga anda harus berbagi resource tersebut secara bersamaan. Keuntungan yang didapat dari layanan ini adalah harganya yang murah. Sedangkan kerugiannya adalah tingkat performa dan privasi yang kurang baik.
  • Virtual Privat Server (VPS)

Pengguna layanan ini memiliki jatah sumber daya server sendiri, mulai dari prosesor, RAM, harrdisk dan lain sebagainya. VPS lebih aman dari gangguan jika ada pengguna yang tidak bertanggung jawab dibandingkan dengan shared hosting. VPS cocok digunakan bagi pengguna yang mempunyai website atau blog dengan pengunjung yang tinggi.
  • Dedicated Server

Dedicated server merupakan server yang disediakan sendiri oleh pengguna atau disewa dari pemilik server pusat. Sever ini merupakan server pribadi yang hanya digunakan untuk menyimpan blog atau website dengan pngunjung yang extrem. Sehingga server jenis ini dapat melayani beban yang sangat tinggi. Layanan ini dapat disewa untuk digunakan sendiri tanpa dibagi. Biasanya biaya sewanya lebih mahal karena dedicated server adalah satu fisik server sendiri bukan bentuk virtual. Sebagai contoh, Google atau Facebook menggunakan dedicated server tersebut.
Previous
Next Post »
0 Komentar