Tips Memilih Monitor Komputer

9:41 AM
Monitor adalah komponen yang langsung memiliki antarmuka (interface) langsung ke pengguna (user). Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena kel yang keluarannya berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data atau informasi yang dimasukkan oleh user.

Monitor Komputer
 
Monitor memiliki berbagai ukuran seperti layaknya televisi. Tiap merk dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Ada 2 jenis monitor, yang pertama adalah CRT (Cathode Ray Tube) yang berupa kotak konvensional dan yang kedua adalah model flat dari jenis LCD. Yang paling populer saat ini adalah jenis LCD dan LED karena ramping dan kualitas tampilannya baik,selain itu juga hemat energi listrik.

Berikut beberapa tips memilih monitor komputer:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin menggunakan komputer untuk keperluan desain atau multimedia, lebih baik membeli LED atau LCD dengan spesifikasi yang lebih tinggi.
  2. Sesuaikan dengan ruangan. Monitor LCD atau LED akan memakan ruang lebih sedikit sehingga cocok untuk ruangan kerja yang relatif kecil.
  3. Sesuaikan dengan budget. Harga LCD masih lebih murah daripada harga LED, tetapi monitor LED lebih hemat listrik hingga 40%.


Lihat juga:
Previous
Next Post »
0 Komentar