Tips Memilih Power Supply

8:43 AM
Catu daya atau Power Supply Unit (PSU) adalah komponen yang sangat penting pada komputer. Jika tidak ada komponen ini pada perangkat komputer maka komputer tidak dapat menyala. Power Supply akan menkonversi daya AC dari PLN ke DC untuk kemudian dialirkan ke motherboard komponen komputer lainnya.
power supply
power supply
PC modern umumnya memiliki power supply yang memiliki fitur switched-mode. Berapa Power Supply memiliki selektor manual untuk voltase input, sementara lainnya bisa beradaptasi dengan input yang diberikan.

Karena pentingnya power supply dalam komputer, maka berikut beberapa tips memilih power supply:
  1. Tentukan watt yang diperlukan. Hitung semua komponen yang ada, kemudian kalikan dengan jumlah konsumsi watt pada tiap komponen.
  2. Efisiensi daya yang tinggi. Cari power supply yang memiliki efisiensi daya yang optimal. Efisiensi daya di atas 80% sudah termasuk kategori power supply yang bagus.
  3. Ketahanan/durability. Pilih power supply yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Tidak ada jaminan bahwa power supply yang beredar di pasaran mampu menangani perubahan arus listrik dengan baik. Perhatikan korelasi kuat antara besar kapasitor dengan kualitas power yang dihasilkan. Misalnya, kapasitor yang besar dapat mengakomodasi perubahan daya yang ekstrim.
  4. Kipas. Pilihlah kipas yang besar yang mampu mendinginkan power suply. Perlu diperhatikan juga bahwa kipas yang besar cenderung menghasilkan suara noise yang lebih besar.
  5. Konektor. Perhatikan jenis konektor yang disediakan power supply. Sesuaikan dengan kebutuhan perangkat-perangkat anda agar.
Itu tadi beberapa tips melilih power supply. Semoga bermanfaat.


Lihat juga :
Previous
Next Post »
0 Komentar