Kode Suara Pada Bios

11:48 PM
Ketika BIOS mengalami permasalahan, biasanya ada kode suara-suara "biip" yang keluar. Suara tersebut berbeda-beda tergantung merk BIOS. Salah satu merk BIOS yang terkenal dipakai di motherboard adalah AWARD.

Award BIOS

Berikut beberapa penjelasan kode suara BIOS AWARD.

  1. 1 bip pendek. Suara ini menjelaskan bahwa tidak ada kerusakan dan semua komponen normal atau tidak ada troubleshooting.
  2. 1 bip panjang, 2 bip pendek. Artinya bahwa ada yang salah dengan komponen kartu grafis (VGA).  Coba lepas karti grafis pada motherboard kemudaian pasang lagi. Jika masih bermasalah silahkan ganti dengan kartu grafis yang lainnya.
  3. 1 bip dengan pitch tinggi, dan 1 bip dengan pitch rendah (berulang-ulang). ini bertanda bahwa ada yang tidak beres dengan prosesor. Bisa terjadi karena prosesor rusak, overheat atau masalah yang lainnya.
  4. i bip pendek dengan pitch tinggi (berulang-ulang). Artinya prosesor mengalami overheat atau pada CPU yang mengalami overheat. Segera perikasa apa yang menyebabkan overheat. Misalnya kipas prosesor macet atau tidak berfungsi. Jika mengalami hal yang semacam ini segera matikan komputer karena dihawatirkan akan merusak prosesor dan jika tidak segera diatasi bisa juga merusak motherboard dan komponen yang lainnya.
  5. Suara bip yang lain. Apabila muncul kode bip yang lain berarti ada masalah pada RAM. Coba lepas RAM dari motherboard, kemudian pasang lagi. Apabila masih bermasalah coba ganti RAM dengan yang lainnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar