Manfaat NFC Pada Smartphone

2:34 PM
NFC (Near Field Communication) pada dasarnya adalah cara telepon (smartphone) berkomunikasi dengan perangkat lain. Teknologi ini dapat beroperasi pada radius 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antar perangkat. Perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. Koneksi NFC tidak tergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau sebaliknya dan tidak ada biaya dalam penggunaanya.

NFC mengirim atau menerima data melalui gelombang radio. Teknologi ini merupakan standar yang ditetapkan dalam komunikasi nirkabel, jadi apabila perangkat perangkat menempel pada protokol NFC, sehingga perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. Ini berbeda dengan bluetooth
Cara penggunaannya cukup sederhana. Cukup buka Pengaturan pada smarphone anda kemudian pilih Lebih (more), disana terdapat opsi NFC apabila smarphone mendukungnya. Kebanyakan smarphone yang memiliki NFC terdapat logo NFC kecil di panel belakang dari smartphone tersebut. 
NFC Smartphone

Berikut beberapa manfaat dari NFC pada Smartphone:


  • Menghubungkan dengan tag NFC. Tag NFC ini berbentuk stiker yang kecil di dalmnya berisi chip NFC yang dapat diprogram untuk memberikan informasi untuk smartphone. Biasanya, sebuah tag NFC berisi informasi link halaman web, tetapi juga dapat diatur utnuk keperluan yang lain seperti menghidupkan Wi-Fi.
  • Melakukan pembayaran dengan NFC. Ini akan menjadi penggunaan terbesar untuk NFC pada masa mendatang. Pembayaran menggunakan NFC sudah tersedia di banyak toko di Amerika Serikat dan Inggris dengan menggunakan aplikasi Soft Card atau Google Wallet. Pada perangkat iPhone 6 juga tersedia fitur pembayaran menggunanakan teknologi NFC dan juga pada Apple Watch.
  • Transfer file. Melalui konektivitas NFC kita dapat mengirim file tertentu antara perangkat yang menggunakan Android Beam. Ini juga dapat memungkinkan kita untuk berbagi link ke aplikasi, file musik, lokasi di Google Maps dan kontak. dengan teknologi ini dapat memungkinkan juga smarphone kita terhubung dengan smartwatch atau speaker yang sudah kompatibel.
Previous
Next Post »
0 Komentar