Mencegah Overheat Di Casing Komputer

8:39 AM
Overheat di kompuer sering terjadi karena sirkulasi udara di casing kurang lancar atau kurang baik. Apalagi saat ini prosesor cenderung sering panas karena melakuakan pekerjaan yang lebih berat. Selain itu, chipset dan GPU dari kartu grafis juga dapa membuat overheat lebih parah.

Cara mencegah overheat  di casing komputer yang palinh sederhana adalah memilih jenis casing yang tepat, yaitu casing yang mampu mengatur sirkulasi udara dengan baik. Aliran udara yang baik adalah udara dingin masuk dari bagian depan atau belakang bawah dari casing kemudian dibuang dari kipas power supply.

Jangan memilih casing yang terlalu rapat atau kurang sirkulasi udaranya, karena casing jenis ini akan membuat udara panas berkumpul sehingga beberapa komponen penting tidak dapat bekerja secara optimal.

Apabila sudah memilih casing yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan pendinginan udara pada casing. Caranya adalah dengan menambahkan kipas di bagian depan bawah casing atau belakang bawah. bisanya sudah disediakan dudukannya. Selain di tempat-tempat tersebut kita juga dapat menambahkan kipas di tempat yang lain dengan memodifikasinya, misalnya di samping casing yang terdapat lubang ventilasi udara dengan menambahkan lubang menggunakan bor.

Overheat juga dapat terjadi pada hard drive karena hard drive komponenya merupakan komponen yang bergerak. Apalagi kalau hard drive sudah lama kemungkinan banyak komponen yang sudah aus. Komponen yang sudah aus berpotensi mengalami gesekan yang lebih besar sehingga dapat menyebabkan panas pada hard drive.

Lihat juga:
Previous
Next Post »
0 Komentar