Cara Mlindungi Data dari Hacker

9:22 AM
Kemajuan teknologi berkembang begitu pesat sehingga pencurian data atau akun media sosial sangat rentan. Serangang DDoS adalah yang paling sering digunakan sehingga mampu menurunkan atau mengganggu jaringan internet. Selain DDoS para hacker juga dapat membuat malware dan secara diam-diam menginstalnya di komputer kita untuk mencuri informasi yang sensitif, seperti akun media sosial, akun kartu kredit dan lain sebagainya.
Jadi saatnya bagi kita untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk melindungi komputer kita dari hacker. Berikut beberapa cara-caranya:
  • Memiliki software keamanan yang baik. Instal firewall di sistem operasi, namun hal ini tidak 100% efektif. Kita dapat menambah antivirus atau software security yang lain. Menginstal aplikasi keamanan yang tepat merupakan hal pertama yang hrus dilakukan jikakita ingin terhindar dari serangan hacker.
  • Memperbarui Sistem Operasi. Perusahaan besar seperti Apple dan Microsoft setiap merilis update selalu menambahkan fitur baru dan memperbaiki kekurangan yang ada. Oleh karena itu, silahkan lakukan update secara berkala sistem operasi anda. Meskipun tak satupun sistemoperasi yang aman 100%, setidaknya dengan melakukan update secara signifikan dapat meningkatkan perlindungan komputer kita dari hacker.
  • Menghindari lampiran yang dikirim melalui email. Anda sering menggunakan email untuk mengirim pesan atau file menggunakan email. Apabila anda mendapat kiriman email baru yang mencurigakan maka anda tidak harus membukanya biasanya isi email tersebut adalah virus atau malware yang berupa lampiran atau link. Untuk mencegah hal ini anda bisa menggunakan fitur Anti-Spam pada email anda. Usahakan untuk menghidari link atau almpiran dari pengirim yang tidak dikenal.
  • Pikirkan sebelum mengklik suatu link. Anda aktif di media sosial? atau sering melakukan download. Anda sering menemukan orang-orang yang mengirim link dan memaksa anda untuk mengkliknya. Link tersebut bisa jadi link tipuan agar anda mendownload malware yang nantinya akan terinstal di komputer anda sehingga dengan menggunakan malware tersebut hacker dapat mengendalikan atau mencuri data di komputer anda.
  • Sering mengubah password anda. Mengubah password dari semua akun anda secara berkala dapat melindungi akun anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Previous
Next Post »
0 Komentar